Cara mengatasi siynal GPS tidak akurat dengan cepat

Google Maps atau lebih di kenal dengan Maps sudah menjadi kebutuhan untuk kalian yang sering melakukan perjalanan.
Bagi pengguna maps, titik gps yang akurat adalah hal yang utama.

Titik gps yang tidak akurat, abu-abu, atau loncat-loncat merupakan hal yang sangat menyebalkan.


Cara mengatasi Sinyal Gps yang tidak akurat ataupun abu-abu

Artikel singkat ini akan menjelaskan bagaimana cara memperbaiki titik gps yang tidak akurat. Titik maps yang abu-abu sebenarnya sangat mudah untuk di perbaiki.

Sebelum membahas cara memperbaiki titik gps yang tidak akurat, sebaiknya kita mengetahui hal-hal yang menyebabkan titik gps menjadi abu-abu.

Gps Harus Akurat
Gambar cara mengatasi signal gps tidak akurat

Kita harus mengetahui dahulu penyebabnya agar mudah untuk memperbaiki titik gpsnya agar menjadi lebih akurat.


Beberapa hal yang menyebabkan titik gps tidak akurat :

Siynal atau Jaringan
Saat titik gps tidak akurat, coba cek signal Hp yang di pakai. Bisa jadi jaringan sedang jelek sehingga menyebabkan titik gps pada maps menjadi ngaco dan loncat-loncat.

Jaringan yang tidak stabil karena pengaruh cuaca, terhalang oleh gedung atau sedang berada di tempat yang rendah dapat menyebabkan signal gps ikut terganggu.
Maps terlalu berat atau lelet
Google Maps merupakan peta online yang membutuhkan banyak ruang memori agar bisa bekerja dengan maksimal. Maps akan menjadi tidak akurat pada ponsel yang lemot. Banyak penyebab yang dapat terjadi sehingga ponsel menjadi lemot.

Disini saya tidak membahas tentang cara mengatasi ponsel yang lemot, tapi jika ingin mengetahui cara mengatasi ponsel lemot, dapat membaca artikelnya melalui link yang saya sediakan.

Tinggal klik DISINI untuk membaca artikel cara mengatasi ponsel yang lemot.

Versi google maps yang sudah terlalu lama juga dapat menyebabkan maps tidak berfungsi dengan baik sehingga google maps menjadi lelet dan bahkan menjadi tidak akurat.

Penumpukan riwayat perjalanan yang tidak pernah di hapus
Linimasa dan riwayat di google maps tidak pernah di hapus, sehingga menumpuk.

Bahkan sampai bertahun-tahun. Hal seperti ini menjadi salah satu penyebab maps menjadi berat sehingga titik gps menjadi tidak akurat.


Setelah tingkat akurasi
Setelah lokasi pada ponsel tidak di setel akurasi tinggi sering terjadi. Baik di sengaja ataupun tidak. Pada ponsel tertentu, saat batre di bawah 15 % secara otomatis setelan tingkat akurasi berubah menjadi rendah untuk menghemat batre. Ini salah satu menjadi penyebab titik gps tidak akurat.

Setelah mengetahui beberapa penyebab titik gps pada google maps yang tidak akurat diatas, kita bisa menganalisa cara mengatasi titik gps tidak akurat.

Berikut ini hal-hal yang dapat kita lakukan untuk mengatasi titik gps yang tidak akurat

Hidup dan matikan lokasi pada ponsel
Langkah pertama untuk mengatasi titik gps yang abu-abu adalah menghidupkan dan matikan akses lokasi secara berulang-ulang. Mematikan lokasi dan menghidupkannya kembali bertujuan untuk merefresh keakuratan lokasi titik gps.

Ini kita maksudkan agar jaringan gps membaca kembali keberadaan kita dengan pemancar yang paling dekat sehingga titik gps menjadi akurat.


Hidupkan airplant
Hidupkan mode airplant beberapa menit kemudian matikan kembali. Tujuannya untuk merefresh jaringan agar mencari Tower paling dekat agar jaringan menjadi lebih baik. Jaringan selular juga mempengaruhi tingkat keakuratan titik gps.

Signal jaringan selular biasanya berkurang saat berada di tempat yang terhalang oleh gedung atau berada di tempat yang lebih rendah.


Hapus Riwayat Maps
Coba cek riwayat maps atau lokasi yang pernah di buka pada maps. Riwayat perjalanan atau sekedar melihat-lihat tempat di google maps selalu di simpan. Segera hapus riwayat maps agar maps dapat bekerja dengan maksimal.
Hapus Linimasa Maps
Linimasa pada google maps berbeda dengan riwayat maps. Lini masa di simpan saat kita menggunakan maps sebagai navigasi untuk mencari suatu alamat.

Cara menghapus linimasa maps cukup mudah. Masuk ke dalam settingan maps kemudian cari Linimasa. Buka bagian linimasa, di sana akan terlihat linimasa maps setiap harinya. Geser ke tanggal linimasa yang ingin di hapus.
Hapus satu persatu sampai selesai agar google maps lebih ringan loadingnya
Gunakan Aplikasi Penguat Signal Gps 
Saat ini sudah banyak aplikasi yang bisa di pakai untuk memperkuat signal Gps agar lebih stabil. Silahkan di coba salah satu yang cocok. Contoh aplikasi penguat signal Gps : ActiveGps, GpsUp, Gps Boster atau aplikasi lainnya yang tersedia di Google play atau Appstore.

Selain memakai penguat signal, dapat juga di kombinasikan dengan aplikasi untuk mempercepat notifikasi seperti PushHeartBeat.

PushHeartBeat adalah aplikasi untuk mempercepat notifikasi agar tidak delay. Untuk pembahasan lengkapnya tentang PushHeartBeat dapat di baca DISINI.

Cukup sampai disini dulu pembahasan tentang cara mengatasi signal gps yang tidak akurat. Intinya adalah kondisi Hp dan jaringan internet sangat mempengaruhi tingkat keakuratan titik gps, jangan sampai Hp lemot karena dapat membuat signal gps jadi abu-abu.

Terima kasih sudah mampir ke blog ini dan jangan lupa tinggalkan komentar teman-teman untuk memperbaiki blog ini.

Belum ada Komentar untuk "Cara mengatasi siynal GPS tidak akurat dengan cepat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel